Sat. Nov 26th, 2022

Tulang dan otot merupakan bagian penting pada sistem gerak manusia, bekerja sama dengan beberapa bagian tubuh lainnya. Fungsi tulang dan otot  untuk membantu tubuh bergerak.

Untuk itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan tulang dan otot. Karena tanpa adanya tulang dan otot, tubuh akan rebah.

Tips Menjaga Kesehatan Fungsi Tulang dan Otot

Ada beberapa cara yang dapat dengan mudah Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang, berikut ini caranya

Rutin berolahraga

Salah satu cara penting menjaga kesehatan tulang dan otot adalah berolahraga secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan tulang, meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. 

Selain itu, dengan berolahraga dapat memperkuat sendi dan otot, bahkan mencegah tulang keropos. Lakukanlah jenis olahraga ringan, mulai dari jalan kaki, naik turun tangga, bersepeda.

Cukupi Asupan Kalsium

Kalsium merupakan mineral utama yang pada tulang. Zat ini menjadi komponen utama untuk menyusun serta membentuk struktur jaringan tulang. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu mencukupi asupan kalsium setiap hari agar kesehatan tulang tetap terjaga.

Jumlah kebutuhan kalsium harian orang dewasa sekitar 1.000 mg, sedangkan lansia di atas 50 tahun sekitar 1.200 mg. 

Anda dapat mencukupi kalsium dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium, seperti susu, keju, dan makanan berkalsium lainnya.

Cukupi Asupan Vitamin D

Memenuhi kebutuhan vitamin D juga tak kalah penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang serta membentuk tulang yang kuat. 

Vitamin D berfungsi untuk membantu tubuh menyerap kalsium, asupan harian bagi orang dewasa sekitar 15 mikrogram (500 IU), sedangkan lansia sekitar 20 mikrogram (800 IU).

Vitamin ini bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan, seperti susu, keju, ikan, hati, telur, jamur, dan sereal yang diperkaya vitamin D

Konsumsi Makanan Padat Nutrisi

Selain kalsium dan vitamin D, lengkapi juga asupan nutrisi untuk mendukung kesehatan tulang dan otot, seperti vitamin C, vitamin K, protein, magnesium, zinc, dan asam lemak omega-3.

Beragam nutrisi tersebut berperan sebagai peningkat penyerapan kalsium, dan melindungi sel-sel tulang dari kerusakan, sekaligus menjaga kepadatan tulang seiring bertambahnya usia.

Biasakanlah menerapkan pola makan bergizi seimbang setiap hari, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan daging tanpa lemak.

Tanpa dukungan asupan nutrisi tambahan yang memadai, proses penuaan dapat menurunkan fungsi tulang dan otot secara signifikan.

Oke, itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan fungsi tulang dan otot. Sebagai asupan tambahan, Minumlah secara rutin susu dengan protein tinggi seperti Ensure semoga bermanfaat!

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *