Fri. May 20th, 2022

Jika kamu tengah membuat karya desain dan setelah jadi kamu ingin mencetaknya, skema warna CMYK adalah yang wajib kamu gunakan. Mengapa? Agar tidak bingung, yuk cari jawabannya di artikel berikut ini.

Sebelumnya kamu harus mengetahui dahulu apa itu CMYK. CMYK adalah sebuah akronim ynag mengacu pada empat pelat tinta dalam pencetakan warna, yaitu cyan, magenta, yellow dan key. CMYK merupakan model warna subtraktif yang bekerja dengan menutupi sebagian atau seluruh warna pada latar belakang terang berwarna putih.

Keempat pelat tinta itu nantinya akan mengurangi cahaya yang seharusnya dipantulkan oleh latar belakang tersebut. Deretan warna dalam model tersebut biasanya akan dikombinasikan agar bisa memberikan warna baru. Jadi sebenarnya warna hitam bisa saja muncul melalui kombinasi warna CMY. Karenanya warna cyan, magenta dan yellow saja sudah cukup. Namun sayang warna hitam disini tidaklah sempurna. Ia malah akan terlihat seperti lumpur gelap yang kecoklatan, bukan hitam pekat. Karena itu, hitam atau black ditambahkan, sehingga paket warna ini pun menjadi lebih baik.

Dikutip dari glints.com, Tech Target memiliki informasi yang berbeda. Menurutnya, CMYK kepanjangan dari Cyan, Magenta, Yellow dan Key. Key merupakan warna cokelat, biru dan hitam. Pilihan tiga warna tersebut digunakan pada zaman dahulu. Warna yang dipilih adalah warna yang paling murah saat akan digunakan. Selanjutnya, Instant print menambahkan, penyebutan key muncul pada tahun 1843. Ketika itu, kamu harus menggunakan kunci sekrup (srew key) untuk mengecek jumlah tinta pada mesin pencetak.

Kapan Pengunaan CMYK?

Skema warna CMYK digunakan untuk percetakan. Hal ini mencakup percetakan komersial, hingga printer berwarna yang sederhana. Dalam sebuah mesin printer, terdapat empat tinta ynag terpisah. Keempatnya adalah mewakili masing-masing warna dari CMYK, yaitu Cyan, Magenta, Yellow dan Black punya tempatnya masig-masing. Warna tersebut bisa dikombinasikan menjadi gambar atau tulisan. Hal itulah yang kamu lihat saat mencetak.

Kenapa Harus CMYK?

System warna CMYK bekerja lewat pengurangan warna (subtractive colors). Dasar kertas adalah putih, ketika kamu mencetak warna terang, printer akan menambahkan warna terang. Namun semakin kamu menambahkan warna, corak yang muncul justru semakin gelap, akhirnya warna akan mendekati warna gelap. Itulah alasannya mengapa kamu harus menggunakan skema CMYK.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.