Tue. Aug 16th, 2022

Rambut rontok sering dikaitkan dengan kulit kepala berketombe. Ketombe menyebabkan akar rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Salah perawatan rambut juga dapat menyebabkan kerontokan seperti menyisir rambut saat kulit kepala dalam keadaan basah. Rambut rontok secara terus-menerus dapat sebabkan kebotakan. Berikut ini cara mengurangi kerontokan rambut menggunakan bahan alami.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah sangat terkenal untuk perawatan rambut, salah satunya untuk menyuburkan rambut. Kandungan vitamin A, D dan juga zat besi serta protein yang membantu mengatasi rambut rontok.

Cara lidah buaya dalam mencegah kerontokan dengan mencegah adanya penyakit yang kemungkinan mendatangi kulit kepala. Caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit dan rambut kepala. Diamkan 15 menit lalu bilas hingga bersih.

2. Minyak Zaitun

Kandungannya berupa vitamin A, C, D, E dan juga zat besi serta kalsium dapat mengurangi rambut rontok. Sama seperti sebelumnya, caranya cukup dengan mengoleskan minyak zaitun di kulit kepala dengan merata sambil dipijat lembut dan didiamkan selama 30 menit. Bersihkan sisa minyak zaitun dengan shampo seperti keramas biasa. Lakukan kegiatan tersebut setiap hari secara teratur.

3. Santan

Santan yang diperoleh dari kelapa yang diparut, bukan dari santan buatan membuat rambut lebih halus. Sehingga rambut lebih mudah diatur dan tidak akan mudah rontok saat disisir. Caranya dengan mengoleskan santan ke seluruh permukaan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit sebelum akhirnya dibilas dengan shampo dan air bersih.

4. Lemon

Lemon berfungsi mengatasi rambut dengan cara meningkatkan kualitas pertumbuhan rambut. Lemon membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Caranya bisa dengan menggunakan minyak esensial lemon yang dicampur dengan carrier oil lalu digunakan sebagai masker. Oleskan lemon ke kulit kepala lalu biarkan selama 15 menit.

Itulah beberapa cara mengurangi kerontokan rambut menggunakan bahan-bahan herbal. Bahan tersebut juga mudah ditemukan di lingkungan sekitar, cara penggunaannya juga sangat mudah. Peran utama dari bahan-bahan herbal tersebut untuk membuka folikel yang tertutup akibat penumpukan minyak berlebihan. Lakukan perawatan di atas secara rutin untuk memperoleh hasil maksimal.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.